manusiakuping

Kamis, 22 Januari 2015

Moment-moment Dilematis dalam Kehidupan Sehari-hari

Hidup memang sangat dinamis. Setiap hari kita bisa aja ketemu macam-macam moment yang berbeda. Dari mulai yang menyenangkan, ngeselin, sedih sampai galau. Ada juga satu lagi moment yang kadang sering kita alami di kehidupan sehari-hari. Moment itu adalah moment yang dilematis.

Menurut Irman et al. (2015) moment dilematis adalah sebuah moment dimana seseorang akan mengalami kebingungan dalam mengambil sebuah keputusan atau tindakan dikarenakan setiap keputusan atau tindakan akan memberikan konsekwensi yang bisa saja merugikan bagi orang tersebut.

Udah kaya kutipan di skripsi belum?? Maklum mahasiswa tua (--,)

Ya mungkin dalam kalimat yang lebih mudah dipahami oleh kaum medioker seperti kalian, dilematis itu moment serba salah. Maju kena mundur kena. Sudah paham?? Mari kita lanjutkan.

Mengalami moment dilematis ini tuh gak enak. Kita dipaksa untuk memikirkan moment tersebut, tentu saja ini sangat menyita waktu. Padahal masih banyak hal lain yang harus kita pikirkan juga seperti, persoalan kenapa populasi jomblo di negara kaya seperti Indonesia ini terus bertambah. Atau mikirin bulan ini mau nyetok indomie rasa apa aja atau kenapa cewek kalo ditanya mau makan dimana jawabnya selalu terserah atau kenapa dijahyellow itu bibirnya lebar. Ah kan pucing pala barbie.

pic from here
Ada beberapa moment dilematis yang pernah gue dan mungkin juga setiap orang alamin.

1. Lihat resleting kebuka
Menemui moment dimana ada orang lain, khususnya lawan jenis yang resleting celananya kebuka itu dilematis banget. Di satu sisi sebagai sesama manusia yang merupakan makhluk sosial dan sesama muslim yang bersaudara tentu dianjurkan untuk saling membantu dan mengingatkan. Tapi di sisi lain gak enak gimana ngomongnya, nanti bisa dikira mesum karena merhatiin daerah terlarang itu.

Gue pernah lihat cewek resletingnya kebuka, karena bingung gimana cara ngomongnya gue sempet kepikiran langsung bantuin nutup resletingnya tanpa perlu ngomong apa-apa. Tapi gue tau, bukannya dapet ucapan terima kasih yang ada malah gue bisa digampar. Akhirnya gue diem aja sambil bayangin apa yang ada di dalam celana tasnya.

2. Makan
Makan bisa jadi hal paling dilematis di dunia, terutama bagi mereka yang lagi diet. Orang yang lagi diet akan sangat pemilih untuk apa yang mau dimakan. Soalnya kalo sembarangan makan, usaha diet 3 bulan dan menurunkan berat badan cuma sekilo bakal naik dua kilo dalam 3 menit. Sia-sia kan?.

Situasinya akan lebih susah kalo lagi diet, tapi temen-temennya pada hobi makan. Akan datang godaan dan ajakan dari temen-temen buat makan bareng yang sangat masif dan terstruktur. Kalo nerima ajakannya gendut, kalo nolak laper. Endingnya akan muncul pernyataan begini:

“Dietnya libur dulu ah, besok lanjut lagi”

Atau

“Sekali-sekali mah gak apa-apa kan yah?”

3. Nemu duit
Nemu duit di jalan juga bisa jadi moment yang dilematis. Gak diambil sayang, bisa buat beli makan. Kalo diambil nanti yang punya nyariin. Gue pernah nemuin duit lima puluh ribu di jalan. Pas mau ngambil tuh duit, gue inget sebuah cerita. Konon, orang yang melakukan pesugihan suka buang duit di jalan. Orang yang nemu dan menikmati duit itu bakal dijadiin tumbal. Sebelum mati dijadiin tumbal, bakal disiksa dulu. Siksaannya setara dengan ngelihat poto mantan sama pacar barunya selama sebulan. Ngeri kan?.

Makanya gue agak ragu buat ngambil tuh duit. Tapi karena kepikiran kali aja orang yang kehilangan duit ini adalah mahasiswa yang cuma bisa makan indomie kayak gue, lima puluh ribu pasti sangat berharga. Akhirnya dengan mengucapkan Bismillah gue pun ambil duit itu dan nyari yang punya lewat FB. Syukurlah ketemu orangnya, gue kembaliin. Dia gembira dan kita pun happily ever after.

4. Suka sama pacarnya temen
Persahabatan itu bagaikan kepompong yang merubah ulat menjadi kupu-kupu. Padahal setahu gue proses perubahan kepompong jadi kupu-kupu itu namanya metamorfosis bukan persahabatan. Sesat memang tuh lagu.

Situasi dilematis yang bisa kita alami dalam pertemanan yaitu ketika temen kita punya pacar dan ternyata kita suka sama pacarnya temen kita itu. Kita gak bisa nyalahin cinta, soalnya selain cinta gak pernah salah, cinta juga bisa datang ke siapa saja dan kapan saja. Di satu sisi kita gak mau pertemanan jadi rusak gara-gara kita ketahuan jatuh cinta sama pacar temen. Di sisi lain cinta harus diungkapkan dan disalurkan. Orang yang ngalamin situasi ini pasti gak enak banget hidupnya. Untungnya gue belum pernah ngalamin hal semacam ini, jadi gue gak perlu pusing-pusing cari solusinya HAHAHA.

5. Suka sama temen
Temen itu orang yang sering ada, saat suka dan duka. Jadi pasti sering bareng dan sering ketemu. Sedangkan ada sebuah teori dari jawa yang berbunyi “Witing tresno jalaran soko kulino” yang artinya cinta itu muncul karena kebersamaan. Jadi bisa disimpulkan kalo kemungkinan suka sama temen sendiri itu sangat besar. Tentunya pertemanan dengan beda jenis kelamin ya, kalo sama gue gak tau. Gue bukan maho.

Dilemanya sama kaya poin 4 diatas. Kalo diungkapin pasti “merusak” pertemanan, bisa berubah jadi pacaran kalo diterima atau jadi kaya gak kenal kalo ditolak. Kalopun masih jadi temen, pasti beda rasanya dibandingin sebelum ngungkapin. Keadaan ini biasanya menimpa cowok, karena cewek kan pantang ngungkapin duluan. Jadi kalo cewek suka sama temen cowoknya, bisa terus bareng aja udah seneng banget. Gak perlu jadi pacar.

Buat cowok-cowok yang ngalamin dilema karena suka sama temen sendiri, saran gue ungkapin aja. Karena gue percaya kalo dua orang salah satunya jatuh cinta gak bisa cuma sebatas dalam hubungan pertemanan aja. Resikonya emang pasti nanti jadi jauh kalo gagal, tapi bukankan pria sejati berani mengambil resiko??.

Sekian celoteh gue kali ini, kalo punya moment dilematis yang lain tulis di comment box ya!

Dadah~~~
Terima sayang.

20 komentar:

  1. momen dilematisku yaitu saat suka sama cewek dan ceweknya suka sama teman kita -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus si cewek curhatnya sama lu ya bro?? #pedih

      Hapus
  2. Bau mampir udah suka sama tulisanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau aje lu bro, gue blm mandi. jadinya bau~~

      btw thanks bro, sering2 mampir di mari ya...

      Hapus
  3. Point 2 itu dilematis banget memang hahaha. O'ya kok bisa sih cari yg duitnya jatuh lewat FB? Bukan org lain yg ngaku-ngaku tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nemunya di sekitar kampus, jadi nyari lewat fb BEM.
      Kayaknya enggak, gue kenal sama orangnya (yg duitnya ilang) ternyata...

      Hapus
  4. Kampret itu pusing pala berbie haha

    yang nomer 1 itu emang bener-bener dilematis haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga paling bingung pas ngadepin moment no 1

      Hapus
  5. momen dilematis, nemu pacar lagi pelukan sama sahabat sendiri. antara pengin mukul atau bunuh aja sekalian haha

    BalasHapus
  6. Moment dilematis adalah ketika masih sayang mantan, eh rupanya dia udah jalan sama temen yang biasa kita curhatin -_-

    Nah karena kehidupan loe sebagai anak kost-an yang sangat dilematis, maka biar semakin dilema gue kasih Liebster Award. Selamaat yaaa :P
    bisa dicek dimari http://lebailabiel.blogspot.com/2015/01/first-liebster-award.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan jalan doang, mungkin mereka saudara jauh, positif thinking.

      Woohoo!! nanti ya jawabnya, dikumpulin dulu biar banyak :p

      Hapus
  7. dilematis itu,
    waktu mantan share pin bbm ke kronologi, terus ga sengaja lihat.
    Antara pengen invite sama nggak. Kalo invite, takutnya di cuekin.
    Hahaha

    BalasHapus
  8. ah ini mah momennya dilematis semuaaa. btw, aku juga baru sadar loh kalau itu lagu kepompong isinya sesat haha.
    anyway, salam kenal dan izin follow ya om :D

    BalasHapus
  9. Weh. Momen dilematis gue itu pas baca posting lo ini. Mau nulis komen tentang momen dilematis gue. Tapi antara sangup dan enggak. Dan momen dilematis gue itu adalah.. Adalah...
    Adalah..

    Asudahlah..
    #GakShanggup!

    BalasHapus
  10. Momen dilematis yang pernah gue alamin, saat dimana pacarnya temen gue menyatakan cinta ke gue, walaupun bingung tapi tetep gue terima. Btw, temen gue ini cewek.

    #Abaikan

    BalasHapus

Komen yang serius!! Kalo gak mau komen serius, hubungan kita aja gimana yang diseriusin?