manusiakuping

Rabu, 07 Januari 2015

Hal-hal Yang Bakal Dikangenin Tentang Masa Kuliah

"Waktu terus berlalu tanpa kau sadari yang ada hanya aku dan kenangan"
Itu adalah penggalan lirik lagunnya Element yang judulnya Rahasia Hati, kalo lo tau lagu itu berarti fix lo TUA (--,)

Ngomongin soal waktu, gak kerasa ternyata gue udah kuliah semester 7. Berarti kalo dilihat dari umur ya gue sekarang sekitar 17-18 tahunan lah. Wehehehe emang gayus aja yang boleh korupsi, gue juga bisa lah korupsi, korupsi umur.

Gue masih inget waktu mau ujian SNMPTN di Semarang. Gue ama temen iseng jualan koran buat alas duduk di kereta ekonomi yang saat itu masih bisa duduk dilantai dan banyak pedagang asongan. Gue masih inget pedihnya pas hasil ujian keluar dan ternyata gue gak lolos. Gue juga masih inget kenapa akhirnya terdampar di kampus ini.

Sekarang gue udah mulai memasukki fase yang kata orang-orang namanya fase mahasiswa tingkat akhir. Kata orang yang udah ngalamin, jadi mahasiswa tingkat akhir itu gak enak. Ternyata iya bener. Bukan, bukan karena harus garap skripsi. Tapi di fase ini semuanya udah gak sama lagi. Temen-temen udah mulai sibuk dengan urusannya masing-masing. Berangkat ke kampus tujuannya bukan ke kelas tapi ke ruang dosen. Ya, apalagi kalo bukan mau konsultasi. Akhirnya intensitas ketemu temen pun jadi jarang.

Ada beberapa hal yang kayaknya bakal gue kangenin tentang kuliah ketika gue udah lulus nanti.

1. Tugas
Asupan nutrisi mahasiswa selain nasi telor aa burjo adalah tugas dari dosen. Tugas jadi sesuatu hal yang gak bisa pisah dari kehidupan mahasiswa. Hubungan mahasiswa sama tugas itu ibarat kaya cimol sama bumbunya, tak terpisahkan. Atau ibarat cabe-cabean sama legging warna-warninya yang selalu menemani jalan-jalan keliling komplek di sore hari.

Walaupun setiap dikasih tugas gue selalu ngeluh dan dikerjain H-1 jam. Tapi uring-uringan dan paniknya gue sama temen karena sama-sama belum ngerjain ini yang bikin kangen. Karena saat-saat itu darah gue berdesir dan adrenalin terpacu. Sampai akhirnya muncul perasaan lega pas udah selesai dan dikumpulin. Sensasi kaya gitu pasti ngangenin.

2. Praktikum dan Laporan
Sebagai mahasiswa pertanian, kegiatannya gak jauh-jauh dari praktikum sama laporan. Pernah 2 semester mata kuliahnya praktikum semua. Laporannya itu tebel banget, dan itu tulis tangan. Kadang gue harus pake kaki gue buat nulis karena tangan gue udah keriting. Ini penampakkan salah satu laporan gue.


Yang bakal dikangenin adalah proses praktikum sama ngerjain laporannya. Saat praktikum bisa bareng temen, contek-contekkan pas kuis atau modusin mba-mba asisten yang cakep. Ngerjain praktikum bisa begadang bareng semaleman bahkan sampe gak tidur. Nulis bareng, ngeluh bareng, mandinya juga bareng. Ah... pasti ngangenin.

3. Kebersamaan
Mungkin ini yang paling bakal bikin kangen. Masa-masa dimana kita tadinya gak kenal kemudian dipertemukan. Terus kenalan, kuliah bareng, Nggosip bareng, tidur dikelas bareng, ngiler bareng. Yang terakhir gue ga pernah ya, eh cuma sekali doang sih. (--,)

Parade bobo bareng
Tiap hari ketemu manusia dengan bentuk yang itu-itu aja. Nongkrong bareng di kantin sambil ngeliatin dedek-dedek maba. Dan akhirnya harus pisah lagi karena udah gak sejalan. Entahlah, sampai sekarang sih gue belum mikirin ekspresi kaya apa yang bakal gue pake pas akhirnya nanti harus pisah.

Foto jaman semester 1

4. Kosan
Selain kehidupan kampus, mahasiswa erat dengan kehidupan kosan. Kos adalah tempat dimana kita dituntut harus mandiri, jauh dari orang tua tapi dekat dengan ibu kos. FYI buat yang belum tahu, ibu kos adalah makhluk "mengerikan" yang selalu muncul saat sudah datang waktunya buat bayar kosan. Menurut legenda, mahasiswa yang telat bayar uang kosan maka ubun-ubunnya akan dihisap sampai badan mahasiswa itu mengering. Wallahualam bissawab. 

Yang bakal bikin kangen adalah suasana kos, temen-temen kos dan kucing kosan. Main pes bareng sampe malem, curhat sebelum tidur, cerita-cerita serem sampe tuker-tukeran koleksi bokep perangko. Ya walaupun gue juga punya pengalaman buruk di kosan pas handuk gue ilang dua kali. Tapi gue anggep sebagai sedekah. *benerinsarung

5. Jatuh cinta dan Patah hati
Masa kuliah juga dihiasi dengan kisah-kisah percintaan, dari mulai yang biasa, manis, kecut sampe yang pahit. Dari mulai suka sama temen sekelas, suka sama temen seUKM, suka sama dosen (eh emang ini ada ya? ada, pasti ada), suka sama temen beda fakultas sampe temen beda alam. Pokoknya banyak deh.

Pengalaman di-PHP-in, masuk friendzone, gebetan curhat tentang orang yang lagi dia suka sampe masuk ojekzone. Iya, dideketin cuma buat disuruh nganter-nganterin dia doang. Ada juga pengalaman patah hati karena ditolak. Yang sekarang gue baru sadar kenapa gue ditolak, ternyata gue melewatkan satu fase penting dalam PDKT, yaitu kenalan.

Walaupun kisah percintaan gue lebih banyak yang tragis, tapi gak apa-apa. Gue yakin Tuhan punya rencana yang keren buat gue. (--,)

Itulah beberapa hal yang bakal gue kangenin tentang masa-masa kuliah. Kalo lo punya hal lain yang bakal dikangenin tentang masa kuliah, share di comment box ya.

Dadah~~~~
Terima sayang.

9 komentar:

  1. yang di endingnya paling ngena tuh kayaknya, jatuh cinta dan kosan plus indomie :))

    BalasHapus
  2. Hahaha tulisannya seru nih. Wih udah semester 7 aja. Gue aja baru mau 4 udah sering stres.
    Poin-poin diatas bener banget. Nggak mesti nunggu lulus dulu sih, kadang pas libur panjang juga suka kangen sama tugas kampus. Biasanya tiep hari sibuk, eh pas libur jadi berasa ganjil karena nggak ada yang memacu adrenalin. Anyway, baru pertama kali main kesini nih. Salam kenal ya. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah smt 4, lagi lucu-lucunya nih :3
      Iya kan... Tapi kalo udah masuk kuliah nanti ngeluh lagi dikasih tugas.

      salam kenal juga ya deva

      Hapus
  3. ehem... publish juga dong pengalaman ngasistenin. pasti pernah dong. dari gaya nulisnya keliatan kok suka modusin ade2 kelas yang unyu2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya anda sering melakukannya, dari komentar anda, terlihat berpengalaman.

      Hapus
  4. Wah mau masuk semester akhir, samaan nih.
    Pernah liat juga laporannya temen yg anak pertanian sama peternakan, pada tebel-tebel gitu lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. ini cara kita ditempa setiap hari :(

      Hapus

Komen yang serius!! Kalo gak mau komen serius, hubungan kita aja gimana yang diseriusin?